Connect with us

Kerap Muncul di Kanal Batua, Legislator Ini Minta Buaya 2 Meter Ditangkap

Daerah

Kerap Muncul di Kanal Batua, Legislator Ini Minta Buaya 2 Meter Ditangkap

POLITIKINI.ID – Kemunculan buaya panjang kurang lebih 2 meter kembali menarik perhatian warga yang berada dilokasi kanal Batua, Panakkukang, Makassar, sejak pekan lalu. Hewan predator itu biasanya akan muncul pada saat hujan turun atau pun setelah musim hujan.

Hanya saja, lokasi kemunculan buaya itu sangat dengan pemukiman warga dan hampir tiap hari warga dengan sengaja menantikan wujud hewan pemangsa daging muncul dari dalam kanal. Fenomena ini sebenarnya sangat membahayakan. Karena itulah Anggota DPRD kota Makassar, Hamzah Hamid akan mengkomunikasikan fenomena ini ke pemerintah kota Makassar untuk mencari solusi terbaik.

“Keberadaan buaya di kanal Batua Raya itu memang tetap harus diperhatikan oleh pemerintah. Saya selaku penyambung lidah warga akan melakukan komunikasi dulu untuk mencari solusi,” kata Hamzah Hamid, legislator asal Daerah Pemilihan IV (Panakkukang-Manggala) ini, Selasa (28/3/2017).

Hamzah yang juga Ketua DPD PAN Kota Makassar ini mengungkapkan, perhatian masyarakat sekitar yang sering tersita saat buaya muncul di kanal Batua Raya memang dapat menimbulkan kerawanan.
Sebab, kata dia, standar keamanan yang ada di sekitar kanal batua belum dapat dianggap layak. Apalagi, warga dari atas kanal dengan berani langsung berada dekat dengan lokasi kemunculan buaya.

Kemunculan buaya itu sudah kesekian kalinyanya, terakhir buaya yang sama itu muncul pada saat puncak musim hujan pada awal dan akhir tahun 2016 lalu. Hewan itu biasanya muncul sekitar pukul siang atau sore hari tepat di tengah-tengah kanal.

“Insyaallah saya akan segera komunikasikan dengan pemerintah. Karena, standar kemanan di sekitar kanal juga harus diperhatikan, minimal ada pagar penghalang. Karena kejadian kendaraan jatuh di sana kan pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Sebagai daerah pemilihannya saat pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu, ia mengaku tetap memberikan perhatian dengan fenomena buaya tersebut. Namun Sekretaris Komisi D ini mengatakan, tidak dapat mengambil keputusan langsung untuk mendesak agar buaya tersebut ditangkap, ataukah dibiarkan begitu saja.

“Karena masih harus kita bahas dulu dengan pihak terkait, baik pemkot, kepolisian, dan masyarakat tentang bagaimana sikap kita dengan keberadaan buaya ini,” pungkasnya.

Diketahui, Hamzah Hamid merupakan legislator DPRD kota Makassar yang telah dua periode terpilih di daerah Panakkukang dan Manggala. Berdasarkan data KPU kota Makassar, capaian suara bakal calon Wali Kota Makassar ini pada pileg 2014 lalu mencapai 5.009 di dapil IV.

Sebelumnya, Kapolsek Panakukkang Kompol Dodik Susianto mengimbau warga agar tidak beraktivitas di sekitar kanal, khususnya disamping kantor camat Panakkukang. (syt)

Continue Reading
You may also like...
Comments

More in Daerah

To Top