Connect with us

SYL Pilih Adik Aziz Qahhar Berpaket IYL, Begini Alasannya

Election

SYL Pilih Adik Aziz Qahhar Berpaket IYL, Begini Alasannya

POLITIKINI.ID – Pertemuan mendadak antara bakal calon gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo dan Syahrul Yasin Limpo Gubernur Sulsel usai gelar.

Pertemuan dua bersaudara itu digelar Minggu (23/7/2017) di sebuah tempat.

Hasilnya, Syahrul yang merupakan kakak dari Ichsan ini lebih condong memilih Andi Mudzakkar alias Cakka yang kini menjabat Bupati Luwu dua periode.

Cakka merupakan adik kandung dari Aziz Qahhar Mudzakkar yang kini resmi berpasangan dengan Nurdin Halid (NH) yang resmi diusung Partai Golkar.

“Hati kecil saya cenderung ke Cakka,” beber Syahrul usai pertemuan itu.

Pertimbangan Syahrul sendiri adalah geopolitik. Ia melihat Cakka mampu mengaet suara dari Luwu Raya dan sekitarnya. Yang berarti pula membenturkan dengan Aziz Qahhar yang sudah tiga periode duduk di kursi DPD RI dengan daerah pemilihan Luwu Raya, Toraja, Enrekang.

“Harapan saya, IYL harus memperhatikan geopolitik, utara selatan dan tengah. Dan Sulsel harus terakomodasi dengan baik,” kata Syahrul.

Sebelumnya ada lima nama yang terjaring dalam pemilihan calon pendamping IYL menjadi pendampingnya. Hingga kemudian menyisakan Andi Mudzakkar dan Rusdi Masse.

Rusdi sebenarnya mendorong Cakka menjadi mendampingi IYL. Namun posisi Cakka dianggap tidak menguntungkan IYL. Rusdi Masse sendiri menyatak siap dijadikan pendamping.

Awalnya, posisi Rusdi sebagai ketua NasDem seolah membuka pintu lebar kepada IYL untuk mengendarai NasDem di Pilgub Sulsel 2018. Apa lagi dia punya kewenangan penuh untuk memilih usungan di Pilgub Sulsel 2018 walau tanpa pertimbangan Surya Paloh, Ketua DPP NasDem.

Namun kondisi berkata lain. Setelah Rusdi bertemu Nurdin Halid di Hotel Jakarta pada Jumat (20/7/2017). Kewenangan spesial itu dicabut DPP NasDem. Itu artinya peluang mengusung IYL bisa berubah drastis.

“Hak dan wewenang Pak Ketua (Rusdi Masse) menjadi penentu usungan NasDem dicabut. DPP mengambil keputusan untuk menjaga partai tetap berjalan kedepan,” kata Sekretaris NasDem Sulsel Syahar.

Dengan demikian pilihan Syahrul untuk memaketkan IYL-Cakka memang sudah tepat dan tidak ada opsi lain.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Election

To Top