POLITIKINI >> > Pilpres 2019 >> Poros Ketiga di Pilpres Bakal Sulit Terbentuk

Poros Ketiga di Pilpres Bakal Sulit Terbentuk

13 Maret 2018 11:24
Poros Ketiga di Pilpres Bakal Sulit Terbentuk Jokowi saat membuka Rapimnas Partai Demokrat di Sentul, Bogor, (10/3)

POLITIKINI.ID - Pembentukan poros ketiga sepertinya bakal sulit terjadi. Kunjungan ‘pangeran’ Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu di Istana Negara seolah memberi sinyal partai berlambang mercy itu merapat ke Joko Widodo.

Padahal partai Demokrat merupakan salah satu partai kuat dalam peta politik Indonesia yang mampu menginisiasi pembentukan poros ketiga. Hal itu juga dibenarkan oleh pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno.

Dia mengatakan, poros Cikeas yang dinahkodai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama ini memiliki magnet untuk menarik partai-partai politik lain untuk berkoalisi.

Peluang koalisi membentuk poros ketiga kini sulit terbentuk lantaran Demokrat menunjukkan sinyal dukungan kepada Jokowi sembari menyodorkan AHY sebagai calon pendampingnya.

"Kalau tidak ada Cikeas, saya kira poros ketiga susah direalisasikan," ujar Adi dilansir SINDO News, Senin (13/3/2018) kemarin.

Menurutnya, koalisi poros ketiga sulit terbentuk jika tak dipimpin oleh Partai Demokrat. Alasannya, partai lain seperti PKB, sulit menarik dukungan dari partai-partai lain.

"Misalnya diinisiasi oleh PKB untuk membentuk poros ketiga, itu susah. PKB mau ajak siapa, PAN belum tentu mau, PKS apa lagi. Suasana batin pemilih PKS dan PKB dari dulu tidak pernah bertemu. Persoalan di tingkat akar rumput itu tentu akan berpengaruh pada elite partai," ucap Adi.

Tag: Pilpres 2019Jokowi Capres
img
Bergabung bersama kami di media sosial
Back to top