POLITIKINI >> > Pilpres 2019 >> Pilpres 2019, Head to Head Jokowi-Prabowo?

Pilpres 2019, Head to Head Jokowi-Prabowo?

31 Juli 2018 08:49
Pilpres 2019, Head to Head Jokowi-Prabowo?

POLITIKINI.ID - Jakarta, - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lili Romli memprediksi akan ada dua kubu (head to head) antara petahana Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Menurut Lili, akan terjadi rematch atau tanding ulang antara petahana Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019. “Dengan ada dua kubu ini kemungkinan masyarakat terpolarisasi tinggi, peristiwa pilpres 2014 akan terulang kembali,” ujar Lili, Selasa (31/7/2018).

Lili menuturkan, Prabowo yang menurut sejumlah survei adalah calon dengan elektabilitas tertinggi kedua setelah Jokowi, meski berjarak jauh tetap masih menjadi pesaing petahana di Pilpres mendatang. “Pak Jokowi dan pak Prabowo, kedua kandidat itu yang elektabilitasnya tinggi. Meski pak Prabowo masih terpaut jauh dengan pak Jokowi,” ujar Lili.

Di sisi lain, tutur Lili, Presiden Jokowi dengan dukungan koalisi enam partai, PDI Perjuangan, Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, PKB memperoleh 61,25 persen hasil Pemilihan Legislatif 2014.

Menurut dia, dengan sisa kekuatan empat partai lain (Gerindra, Demokrat, PKS, PAN) yang kurang dari 40 persen yang berhadapan dengan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen sulit maka sekali ada peluang bagi munculnya capres alternatif poros ketiga selain Jokowi dan Prabowo.

“Agak sulit (poros ketiga), karena masing-masing partai sudah sepakat bergabung dalam koalisi tersebut,” kata dia.

Source: Kompas.com

Tag: Pilpres 2019
img
Bergabung bersama kami di media sosial
Back to top