POLITIKINI >> > Pilgub Sulsel >> Menghitung Kepala Daerah yang Dukung NH-Aziz & IYL-Cakka, Siapa Paling Banyak?

Menghitung Kepala Daerah yang Dukung NH-Aziz & IYL-Cakka, Siapa Paling Banyak?

05 April 2018 12:30
Menghitung Kepala Daerah yang Dukung NH-Aziz & IYL-Cakka, Siapa Paling Banyak? Debat Kandidat Pilgub Sulsel Tahap I, Rabu (28/3)

POLITIKINI.ID - Tak bisa dipungkiri, dukungan kepala daerah dari 24 kabupaten/kota di Sulsel memiliki pengaruh signifikan terhadap elektabilitas kandidat yang bertarung di Pilgub Sulsel. Maka tak heran jika empat kandidat cagub dan cawgub Sulsel saling berebut dukungan kepala daerah itu.

Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dikenal mayoritas didukung mantan kepala daerah. Jika dikalkulasi dari pemberitaan media, setidaknya ada enam mantan kepala daerah yang berada di pihak paslon nomor urut 4 itu.

Mereka yakni Patabai Pabokori (mantan Bupati Bulukumba), Theofilus Alloreung (mantan Bupati Tana Toraja), Rahman Assegaf (mantan Wabup Pangkep), Natsir Ibrahim (mantan Wabup Takalar), Abbas Alauddin (mantan wabup Gowa) dan Syaiful Arief (mantan Wabup Selayar).

Juru Bicara IYL-Cakka, Yenni Handayani, tak menampik kalau jagoannya yang maju lewat jalur independen itu memang giat melakukan pendekatan kepada mantan kepala daerah.

“Dinamis. Karena semua tergantung afiliasi yang mendukung IYL-Cakka, misalnya Patabai Pabokori yang memang ketua Partai Berkarya yang merupakan partai pendukung,” katanya.

Berbeda, paslon Nurdin Halid-Aziz Qahhar mayoritas didukung oleh kepala daerah yang saat ini masih aktif. Dukungan itu tidak terlepas dari jejaring partai pengusung paslon nomor urut satu itu, yakni Golkar dan Nasdem. Dua partai itu memang mendominasi kepala daerah di Sulsel.

Tercatat, setidaknya ada 20 kepala daerah aktif yang siap memenangkan Nurdin Halid-Aziz Qahhar di Pilgub 2018 ini. Mereka diantaranya, Syamsuddin Hamid (Bupati Pangkep), Burhanuddin Unru (Bupati Wajo), Rusdi Masse (Bupati Sidrap), Basli Ali (Bupati Selayar), Fashar Padjalangi (Bupati Bone), Taufan Pawe (Walikota Parepare), Muslimin Bando (Bupati Enrekang), Kaswadi Razak (Bupati Soppeng), Thoriq Husler (Bupati Luwu Timur), Nicodemus Biringkanae (Bupati Tana Toraja), Suardi Saleh (Bupati Barru).

Sementara untuk wakil kepala daerah, diantarnya Syamsu Rizal (Makassar) yang saat ini menjabat Plt Walikota, Tommy Satria (Bulukumba), Victor Datuan (Tana Toraja), Darwis Bastama (Pinrang), Irwan Bachri (Luwu Timur).

Juru BIcara NH-Aziz, Risman Pasigai, mengatakan dukungan sejumlah kepala daerah itu menjadi kekuatan bagi paslon bertagline ‘Membangun Kampung’ ini. Sebab selain dukungan kepala derah, jaringan infrastruktur partai juga tetntu bekerja penuh.

“Komunikasi kita jalan terus kepada kepala daerah yang kader partai,” pungkasnya. (*)

Tag: Pilgub sulselNH-AzizIYL-Cakka
img
Bergabung bersama kami di media sosial
Back to top