POLITIKINI >> > Pilgub Sulsel >> Keanehan Hasil Survei yang Unggulkan Prof Andalan

Keanehan Hasil Survei yang Unggulkan Prof Andalan

17 Mei 2018 22:16
Keanehan Hasil Survei yang Unggulkan Prof Andalan

POLITIKINI.ID - Tim paslon Gubernur Sulsel nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) mengkalim saat ini berada di puncak teratas dalam kontestasi Pilgub Sulsel 2018.

Klaim itu didasari oleh hasil survey lembaga survey Indikator Politik Indonesia yang dinahkodai Burhanuddin Muhtadi. Dalam survey tersebut, Prof Andalan meraih elektabilitas sebesar 27 persen, terpaut tipis dengan paslon Nurdin Halid-Aziz Qahhar (NH-Aziz) yang meraih elektabilitas 25 persen.

Disusul  Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dengan 21 persen. Sementara, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-Tanribali) hanya mampu mengumpulkan 5 persen.

Namun anehnya, dalam pemberitaan media soal hasil survey tersebut, tak ditemukan keterangan resmi dari pihak Indikator. Selain itu, juga tak disebutkan metodologi survey, jumlah responden dan sebarannya, serta waktu pelaksanaan survey.

Saat Politikini mencoba mengonfirmasi salah satu contact person (CP) yang tertera pada website Indikator, indicator.co.id, yang bersangkutan enggan berkomentar.

Sang CP yang namanya tercantum sebagai contact person pada website itu, justru mengaku tak pernah melakukan rilis hasil survey.

“Bisa jadi hasil survey kami tetapi kami tidak yang menyelenggarakan rilis,” katanya via whatsapp, Selasa (15/5) lalu.

Nama lembaga Indikator Politik Indonesia sempat viral di lini masa pada Pigub Jakarta 2017 silam. Kala itu, beredar screenshoot percakapan via Whatsapp yang menyebutkan ada pihak mengatur’hasil survei agar pasangan Ahok-Djarot memiliki elektabilitas di atas 40 persen.

Portal lintasparlemen.com yang mencoba menghubungi Muhtadi saat itu untuk mengecek kebenaran informasi itu tak mendapat jawaban.

Belakangan Burhanuddin Muhtadi angkat bicara terkait pembicaraan rahasianya di Whatsapp bocor ke publik. Muhtadi membantah kebenaran hasil pembicaraan tersebut.

Muhtadi menolak disebut melakukan itu seperti yang diberitakan lintasparlemen.com sebelumnya. Ia mengatakan, itu adalah berita fitnah dan hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (*)

 

Tag: Pilgub sulselNA-ASS
img
Bergabung bersama kami di media sosial
Back to top